Search for collections on Karya Ilmiah

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SD IT MADANI ISLAMIC SCHOOL 2 PAYAKUMBUH DALAM OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

YULIANA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SD IT MADANI ISLAMIC SCHOOL 2 PAYAKUMBUH DALAM OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran realistic mathematics education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD IT Madani Islamic School 2 Payakumbuh dalam operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada mata pelajaran matematika. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model realistic mathematics education (RME). Subyek penelitiannya adalah siswa kelas 1 SD IT Madani Islamic Schhol 2 yang berjumlah 18 orang siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 9 perempuan. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis) yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran. Partisipasi dan keaktifan siswa saat pembelajaran berlangsung dijadikan sebagai data observasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus persentase siswa yang tuntas adalah 44,44% meningkat menjadi 61,11% pada siklus I dan siklus II menjadi 94,44%. Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD IT Madani Islamic School 2 Payakumbuh dalam Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Realistic Mathematics Education (RME), Hasil belajar
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2362

Actions (login required)

View Item
View Item