YOZA GUSTARIA NINGSIH (2023) Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas 5.8 SD IT Madani Islamic School Payakumbuh pada Materi Siklus Air dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Rendahnya hasil belajar IPA materi siklus air diketahui dari presentasi ketuntasan Penilaian Harian yang diperoleh hanya 55%. Penerapan model pembelajaran yang monoton membuat siswa tidak aktif dalam belajar, sehingga perlu melakukan perbaikan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi siklus air dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model ini menuntut siswa berifikir kritis dan mampu menyelesaikan permasasalahan, sehingga siswa terlibat langsung pada proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SD IT Madani Islamic School Payakumbuh, subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 5.8 yang terdiri dari 10 orang peserta didik perempuan dan 10 peserta didik laki-laki. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Tahapan pada setiap siklus penelitian ini adalah tahap perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Kegiatan yang dilakukan untuk melihat keberhasilan dari model pembelajaran yang digunakan adalah penilaian kognitif di akhir pembelajaran pada setiap siklus. Pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 65%. Pelaksaan siklus I masih ada beberapa siswa yang belum aktif dalam pembelajaran dan dilakukakan perbaikan terhadap siklus II dan diperoleh hasil belajar siswa dengan ketuntasan sebesar 95%. Penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V.8 pada pembelajaran IPA materi siklus air.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Siklus Air |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2360 |