Search for collections on Karya Ilmiah

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN PENDEKATAN TEKNIK STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA KELAS V SD KALAM KUDUS PADANG

JESSICA YUBELLINA CHRISTIAN (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN PENDEKATAN TEKNIK STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA KELAS V SD KALAM KUDUS PADANG. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan membaca merupakan keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh siswa untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang baru. Keterampilan ini hanya bisa dikuasai dengan menguasai konsepnya dan melakukan banyak latihan. Tanpa penguasaan yang mantap terhadap kemampuan tersebut tentu ilmu-ilmu yang lain tidak dapat dikuasai. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran membaca pemahaman dirancang dalam bentuk Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun dengan berpedoman kepada Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP). Proses pembelajaran membaca pemahaman menggunakan empat tahap, yaitu belajar tim, presentasi kelas, kuis individual, dan penghargaan tim. Evaluasi hasil yang dilaksanakan, yaitu terlihat dari kemampuan anak dalam menemukan ide pokok, kalimat penjelas, dan kata kunci. Penelitian ini mengungkapkan bahwa hasil tes siklus I nilai rata-rata membaca pemahaman siswa adalah 73,5 dan pada siklus II nilai rata-rata membaca pemahaman siswa adalah 91,5. Hasil tes menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Dari hasil penelitian terungkap bahwa keberhasilan guru dalam pembelajaran ditentukan oleh metode STAD yang direncanakan dengan persentase pada siklus I adalah 73,5% dan pada siklus II adalah 91,5%.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Membaca Pemahaman, Model Pembelajaran Kooperatif, STAD.
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2359

Actions (login required)

View Item
View Item