RESKA MAYA SARI (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ASPEK PENGETAHUAN SISWA MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS V SDN 34 TANAH SIRAH KOTA PADANG. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran ditingkat SD dilaksanakan melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu. Pembelajaran tematik terpadu diharapkan siswa lebih aktif dari guru sehingga dapat mengembangkan potensi siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahan yang ditemui mengakibatkan rendahnya nilai belajar siswa sehingga belum mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah. Berdasarkan jenisnya, penelitian ini merupakan jenis PTK, penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran dikelas. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan metode kuantitatif. Melalui metode kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, pengamatan dan perolehan data dilapangan. Sedangkan metode kuantitatif diperoleh dari hasil berupa angka-angka. Berdasarkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II, pada siklus I pertemuan I hasil belajar pengetahuan siswa mendapatkan nilai rata-rata 67,4 dengan kriteria cukup, siklus I pertemuan II hasil belajar aspek pengetahuan siswa mendapatkan nilai rata-rata 78,40 dengan kriteria baik dan siklus II hasil belajar aspek pengetahuan siswa mendapatkan nilai rata-rata 88,45 dengan kriteria sangat baik . Berdasarkan hasil ini dapat terlihat pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dengan metode talking stick mengalami peningkatan hasil belajar dari siklus I sampai siklus II
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar siswa, metode talking stick, pembelajaran tematik terpadu |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2352 |