RARA AMIATI (2023) PENERAPAN SIKAP PEMAAF MELALUI METODE BERCERITA TENTANG KISAH-KISAH ISLAMI PADA ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN KOTA PAYAKUMBUH. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKLatar belakang masalah dalam karya tulis ini adalah, ada beberapa aspek perkembangan yang belum meningkat secara maksimal dan perlu adanya inovasi yang mampu menyelesaikan permasalahan tersebut. Diantaranya dalam peningkatan pengembangan karakter anak. Ada banyak nilai-nilai akhlakul karimah yang harus dimiliki oleh anak usia dini. Misalnya saja perbuatan kasih sayang,hormat, peduli, tolong menolong, pemaaf, dan lain-lain. Seperti yang kita ketahui, anak usia dini sering mengalami permasalahan dengan teman sejawatnya. Dikarenakan memang mereka masih dalam proses bagaimana cara bersosialisasi yang baik. Hal tersebut sering memicu terjadinya berbagai permasalahan diantara anak-anak tersebut, misalnya saja anak berebut mainan, pilih-pilih teman, berbut antrian atau menyakiti temanya dengan kata-kata yang tidak dan sebagainya.Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan diatas adalah penulis menggunakan metode bercerita tentang kisah-kisah islami. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah kisah-kisah islami dapat diterapkan melalui metode bercerita dalam membentuk sikap pemaaf anak usia 5-6 tahun. Hasil yang diperoleh adalah penerapan sikap pemaf melalui metode bercerita tentang kisah-kisah islami mengalami perubahan. Dimana pada pelaksanaan tersebut anak-anak sudah menceritakan kembali keada temanya serta menghubungkan permasalahan yang terjadi sebelumnya dengan kisah-kisah yang baru dibacakan oleh ibu guru dan juga mampu menerapkan ada kehidupannya sehari-hari.ABTRACTThe background of the problem in this paper is, there are several aspects of development that have not increased optimally and there needs to be innovation that can solve these problems. Among them in improving children's character development. There are many moral values that must be possessed by early childhood. For example, acts of affection, respect, care, please help, forgive, and others. As we know, early childhood often experiences problems with their peers. Because they are still in the process of how to socialize well. This often triggers various problems among these children, for example, children fighting for toys, picky friends, fighting queues or hurting their themes with words that are not and so on. The methods used to solve the above problems The author uses the method of telling Islamic stories. The purpose of this study was to find out whether Islamic stories can be applied through storytelling methods in forming forgiving attitudes of children aged 5-6 years. The result obtained is that the application of the attitude of the affluent through the method of telling Islamic stories has changed. Where in this implementation the children have retold the theme and connected the problems that occurred before with the stories just read by the teacher's mother and were also able to apply there in their daily lives.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | sikap pemaaf dan metode / forgiving attitude and storytelling method |
Subjects: | Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2343 |