WAHYU SEPTIANI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL KONSEP LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA LOOSE PARTS DI TK TELADAN PERTIWI TUNAS HARAPAN KOTA BUKITTINGGI. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
rendah, anak belum bisa membuat dan membilang angka 1 -10. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui media Loose Parts di Taman Kanak-kanak Teladan Pertiwi Tunas Harapan Kota Bukittinggi. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah mengamati keaktifan anak selama proses belajar berlangsung ,di lakukan melalui observasi dan hasilnya ditulis dalam buku harian guru, catatan anekdot yaitu catatan tentang sikap dan prilaku anak secara individual, melakukan wawancara atau percakapan dengan anak, penugasan, unjuk kerja, praktek langsung, hasil karya dan melakukan dokumentasi di saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Taman anak –kanak yang terdaftar di kelompok B2 Rombongan Belajar Lily TK Teladan Pertiwi Tunas Harapan Kota Bukittinggi Tahun Ajaran 2022 / 2023 yang berjumlah 13 orang, terdiri dari 7 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan yang rata-rata berusia 5-6 tahun pada semester 2. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan teknik persentase. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang mana tiap siklus terdiri dari lima hari. Hasil Penelitian pada setiap siklus menunjukkan peningkatan kognitif pada anak. Perkembangan kognitif anak dalam proses pembelajaran mengenal angka melalui media Loose Parts mengalami peningkatan. Dapat dilihat pada data Berkembang Sangat Baik setelah peneliti melaksanakan pembelajaran siklus I persentasenya 0% dan pada siklus II meningkat sekitar 54%. Untuk kriteria Berkembang Sesuai Harapan setelah dilaksanakan siklusI persentasenya meningkat 31 % dan pada siklus II persentasenya menjadi 23,1 %. Untuk kriteria Mulai Berkembang setelah dilaksanakan pembelajaran siklus I persentasenya meningkat menjadi 46,1 % dan pada siklus II persentasenya menurun menjadi 23,1 %. Sedangkan untuk kriteria Belum Berkembang setelah dilakukan pembelajaran siklus I presentasenya 23,1 % dan siklus II persentasenya menurun hingga 0%.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : kognitif , lambang bilangan, media loose parts |
Subjects: | Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2342 |