Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DALAM KEGIATAN MENGENAL BANGUN RUANG DENGAN METODE DEMOSTRASI PADA PEMBELAJARAN TEMATATIK DI KELOMPOK B DI TK NEGERI 01 SANGIR JUJUAN KABUPATEN SOLOK SELATAN

NOVI NOVITA (2023) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DALAM KEGIATAN MENGENAL BANGUN RUANG DENGAN METODE DEMOSTRASI PADA PEMBELAJARAN TEMATATIK DI KELOMPOK B DI TK NEGERI 01 SANGIR JUJUAN KABUPATEN SOLOK SELATAN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKNovi Novita2023:Upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam mengenal bangun ruang dengan metode demostrasi kelompok B di TK Negeri 01 Sangir Jujuan Kab.Solok Selatan. Program studi PG PAUD (Bidang Ilmu Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini). Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka.Masalah penelitian ini adalah kurang berkembangnya kemampuan koknitif anak dalam mengenal bangun ruang dengan metode demostrasi di TK Negeri 01 Sangir Jujuan Kab.Solok Selatan. Begitu juga dengan media dan alat permainan yang digunakan guru kurang bervariasi yang menyebabkan anak bosan dan tidak konsentrasi dalam belajar. Tujuan perbaikan ini adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bangun ruang dengan metode demostrasi. Subjek dari penelitian ini adalah kelompok B TK Negeri 01 Sangir Jujuan Kab.Solok Selatan, dengan jumlah anak 14 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran, dimana data diperoleh menggunakan teknik observasi dan dokumentasi dan di analsisis dengan teknik persentase. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus, pada prasiklus peningkatan kemampuan kognitif anak masih rendah dengan persentase 14,4%. Maka dilanjutkan pada siklus I dimana kemampuan kognitif pada anak meningkat menjadi 85,7% yang pada akhirnya menjadi 92,9% pada siklus II. Berdasarkan dari hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan maka dapat dinyatakan bahwa terjadinya peningkatan kognitif anak dalam mengenal bangun ruangan dengan metode demostrasi dikelompok B di TK Negeri 01 Sangir Jujuan Kab.Solok Selatan.Kata Kunci :Bangun ruang,Kognitif

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :Bangun ruang,Kognitif
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2340

Actions (login required)

View Item
View Item