SHELSY OLLA (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKUKAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODELATIHAN (DRILL) KELAS IV. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Olla (2023) : ‘’Peningkatan Kemampuan Melakukan Operasi Hitung Bilangan Bulat Dalam Mata Pelajaran Matematika Melalui Penerapan Metode Latihan (Drill) Pada Siswa Kelas IV SDN 06 Piai Tangah’’Penelitian ini didasarkan pada masalah kurangnya kemampuan siswa kelas IV SDN 06 Piai Tangah dalam melakukan operasi hitung bilangan bulat pada penjumlahan dan pengurangan. Banyak siswa yang nilainya masih dibawah KKM. Hal ini disebabkan karena guru hanya menggunakan metode ceramah. Pembelajaran kurang melibatkan aktivitas siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan melakukan operasi hitung bilangan bulat mengenai operasi penjumlahan dan pengurangan dalam mata pelajaran Matematika melalui penerapan metode latihan (drill) pada siswa kelas IV SDN 06 Piai Tangah. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 06 Piai Tangah yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dalam 2 siklus. Tiap siklus menggunakan langkah kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dapat di simpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam mata pelajaran Matematika melalui penerapan metode latihan (drill) pada siswa kelas IV SDN06 Piai Tangah. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar pada siklus 2 (90%) jauh lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar pada siklus 1 (30%).
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Hasil Belajar, Matematika, latihan (drill) |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2337 |