NUR ADILLAH (2023) PENERAPAN MEDIA TPACK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SDN 012 SAGULUNG BATAM. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Matematika aadalah suatu alat untuk mengembangkan cara berfikir, karena itu Matematika sangat diperlukan baik untuk kehidupan sehari-hari maupun dalam menghadapi kemajuan IPTEK sehingga Matematika perlu dibekalkan pada setiap peserta didik sejak SD, bahkan sejak TK. Namun Matematika yang pada hakekatnya merupakan suatu ilmu yang cara bernalarnya deduktif, formal dan abstrak harus diberikan kepada anak-anak SD yang cara berfikirnya masih pada tahap operasi kongkret. Menurut Heruman salah satu karakteristik pelajaran Matematika adalah memiliki objek kajian yang abstrak dalam materinya, untuk itu dalam pembelajaran Matematika perlu disesuaikan dengan perkembangan kognitif siswa. Pembelajaran Matematika dasar yaitu proses pembelajaran yang dimulai dari pembelajaran yang konkrit menuju pembelajaran yang abstrak. Namun demikian meskipun obyek pembelajaran Matematika adalah abstrak, tetapi mengingat kemampuan berfikir siswa sekolah dasar yang masih dalam tahap operasional konkrit, maka untuk memahami konsep dan prinsip diperlukan pembelajaran melalui objek konkrit. Dengan memanipulasi hal-hal konkrit tersebut, akan menjembatani kemampuan siswa yang bersifat operasional konkrit dengan materi Matematika yang abstrak dan deduktif. Dalam Matematika, setiap konsep yang abstrak yang baru dipahami siswa perlu segera diberi penguatan, agar mengendap dan bertahap lama dalam memori siswa, sehingga akan melekat dalam pola tindakannya. Salah satu cara penulis untuk mewujudkanya adalah memanfaatkan media teknologi yang pada saat ini kita ketahui sudah sangat canggih sekali,salah satu media teknologi yang peneliti gunakan pada penelitiaan tindakan kelas di SD Negeri 012 Sagulung Batam adalah Tecnological Peddagogic Content Knowledge (TPACK),dan disini peneliti merasa meida tersebut cocok seklai untuk siswa SD karna siswa SD cara berfikirnya pada oprasional konkrit jadi peneliti akan menampilkan pembelajaran matematika dengan menggunakan peralatan atau teknologi seperti Laptop,Proyektor,Speaker dan Soft ware PPT yang sudah dilengkapi dengan desain yang menarik sesuai materi pembelajaran yang diajarkar. Setelah berjalan proses penelitian yang dilakuakn sesuai dengan 4 aspek pengembangan pada Penelitian Tindakan Kelas yang saya lakukan yaitu ,perencanaan dalam hal ini menyiapkan segala keperluan media yang akan digunakan,pelaksanaan memaparkan materi menggunkan alat atau media TPACK tersebut,dan peneliti juga melakukan pengamatan hasil yang di dapatkan berupa minat dan nilai yang baik tentukan disini peneliti juga akan merefleksi kekurangan dan kelebihan dari pada media yang digunakan saat proses pembelajaran berlangsung. Dan dapat disimpulkan pemggunaan media TPACK dalam pembelajaran Matematika materi bangun datar berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Dengan Media TPACK,Desain modul yang menarik dan hasil belajar Siswa yang baik. |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2334 |