MUHAMMAD RIFAI (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM MATERI SATUAN WAKTU BAKU DENGAN PENERAPAN MEDIA TPACK SISWA KELAS III SD NEGERI BATAM. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKMatematika merupakan salah satu mata pelajaran wajib bagi siswa mulai dari SD hingga SMA. Matematika digambarkan sebagai mata pelajaran sulit yang tidak disukai siswa. Kajian peningkatan pembelajaran dilakukan pada siswa kelas III SDN Kota Batam yang berjumlah 34 siswa. Beberapa petunjuk ditemukan dalam proses pembelajaran yang menyebabkan siswa kurang memahami hubungan antara satuan waktu dan penentuan awal dan akhir waktu. Fokus perbaikan ini adalah apakah penggunaan media Tpack dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang hubungan antar satuan waktu dan menentukan waktu mulai dan berakhirnya pelajaran matematika. Tujuan peneliti adalah menganalisis pengaruh penggunaan media Tpack terhadap pemahaman dan hasil belajar siswa dengan menentukan hubungan satuan waktu dengan waktu mulai dan waktu berakhir. Berdasarkan data yang di peroleh menunjukkan bahwa analisis hubungan antar satuan waktu dan penentuan waktu awal dan akhir dilakukan dengan menggunakan media Tpack mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang sebelumnya hanya 30% mengalami peningkayan pada periode pertama menjadi 65%, di periode kedua 92%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media demonstrasi Tpack dapat meningkatkan pemahaman dan pengenalan siswa terhadap satuan waktu.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Hasil belajar, Media Tpack, Matematika |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2328 |