CHINDY (2023) Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia 3-4 Tahun dengan Metode Bercerita. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Kosakata adalah salah satu aspek- aspek dari perkembangan bahasa anak usia dini. Semakin kaya kosakata yang dikuasai anak, maka akan semakin berkembang kemampuan bahasa anak. Salah satu cara yang dapat meningkatkan kemampuan kosakata anak adalah dengan metode bercerita. Metode bercerita memiliki banyak manfaat bagi anak usia dini, Selain dapat meningkatkan kemampuan bahasa serta kosakata anak, kegiatan bercerita dapat meningkat moral dan agama anak, membentuk pribadi anak karena dengan mendengarkan cerita, anak dapat menangkap pesan- pesan moral yang terdapat dalam cerita. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan meningkatkan kemampuan kosakata anak usia 3-4 tahun Kelompok Bermain di TK Swasta Wiyata Dharma Medan melalui metode bercerita. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus dilakukan selama 3 hari. Dari penelitian ini terjadi peningkatan yang terhadap kemampuan kosakata anak yaitu 61,11% untuk kategori BSH, 22,22% untuk kategori BSB, 11,11% untuk kategori MB dan 5,55% untuk kategori BB. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode bercerita mampu meningkatkan kemampuan kosakata anak anak usia 3-4 tahun Kelompok Bermain (KB) di TK Swasta Wiyata Dharma Medan.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | kosakata; anak; bercerita |
Subjects: | Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2324 |