Search for collections on Karya Ilmiah

Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Puzzle Pada Materi Pecahan Senilai Kelas III Sekolah Dasar

RISMA SITUMORANG (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Puzzle Pada Materi Pecahan Senilai Kelas III Sekolah Dasar. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media papan puzzle pecahan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN 175793 Siborboron terdapat permasalahan yaitu media yang digunakan dalam pembelajaran masih terbatas yakni menggunakan buku tema dan papan tulis. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tempat penelitian di SDN 175793 Siborboron, dengan subjek penelitian siswa kelas III sebanyak 11 siswa. Penelitian ini menggunakan instrument berupa soal tes. Berdasarkan hasil analisis data penelitian pembelajaran menggunakan media puzzle membuktikan bahwa penggunaan media puzzle pecahan senilai dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pecahan senilai serta mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Penggunaan media puzzle pecahan biasa mampu memberikan komunikasi dua arah bagi guru dan siswa sehingga memudahkan guru dan siswa untuk saling berinteraksi dalam pembelajaran. Media puzzle pecahan biasa melibatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran sehingga siswa dapat menggali pengetahuannya. Hal ini dapat dilihat dari hasil test yang dilakukan siswa pada setiap siklusnya, pada siklus I siswa mendapatkan rata-rata pre-test 47% dan post-test 59%. Pada siklus II siswa mendapatkan rata- rata pre-test 70% dan post-test 80%. Dari penelitian ini bisa disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle pada materi pecahan senilai mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam menghitung pecahan senilai pada siswa kelas III SD Negeri 175793 Siborboron.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa, Media Pembelajaran, Papan Puzzle Pecahan, Pecahan Senilai
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2323

Actions (login required)

View Item
View Item