ROSSITA SITUMORANG (2023) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDS METHODIST 2 RANTAUPRAPAT. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDS Methodist 2 Rantauprapat dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. PTK ini dilakukan selama 2 siklus. Adapun subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDS Methodist 2 Rantauprapat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa rendah. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan perilaku siswa di dalam kelas dari Siklus 1 ke Siklus 2. Hasil pada pra Siklus ada 15 siswa dalam kategori rendah, 10 siswa dalam kategori sedang dan 5 siswa yang masuk dalam kategori tinggi. Setelah pelaksanaan Siklus 1 yang terdapat pada tabel 2 adalah 7 siswa dalam kategori rendah, 8 siswa dalam kategori sedang, 10 siswa dalam kategori tinggi dan 5 siswa dalam kategori sangat tinggi. Adapun hasil pada siklus 2 yang terdapat pada tabel 3 adalah 2 siswa dalam kategori Rendah dengan persentase 10,00%, 10 siswa dalam kategori tinggi dengan persentase 30,00%, dan 13 siswa dalam kategori sangat tinggi dengan persentase 36,67%. Dengan demikian, model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDS Methodist 2 Rantauprapat.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar siswa, pembelajaran discovery learning |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2322 |