Search for collections on Karya Ilmiah

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDS METHODIST 2 RANTAUPRAPAT

ROSSITA SITUMORANG (2023) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDS METHODIST 2 RANTAUPRAPAT. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDS Methodist 2 Rantauprapat dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. PTK ini dilakukan selama 2 siklus. Adapun subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDS Methodist 2 Rantauprapat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa rendah. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan perilaku siswa di dalam kelas dari Siklus 1 ke Siklus 2. Hasil pada pra Siklus ada 15 siswa dalam kategori rendah, 10 siswa dalam kategori sedang dan 5 siswa yang masuk dalam kategori tinggi. Setelah pelaksanaan Siklus 1 yang terdapat pada tabel 2 adalah 7 siswa dalam kategori rendah, 8 siswa dalam kategori sedang, 10 siswa dalam kategori tinggi dan 5 siswa dalam kategori sangat tinggi. Adapun hasil pada siklus 2 yang terdapat pada tabel 3 adalah 2 siswa dalam kategori Rendah dengan persentase 10,00%, 10 siswa dalam kategori tinggi dengan persentase 30,00%, dan 13 siswa dalam kategori sangat tinggi dengan persentase 36,67%. Dengan demikian, model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDS Methodist 2 Rantauprapat.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar siswa, pembelajaran discovery learning
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2322

Actions (login required)

View Item
View Item