NIA PRATIWI SIMATUPANG (2023) Perbaikan Pembelajaran IPA Menggunakan Metode Eksperimen Materi Pembelajaran IPA di SD Kelas IV SD Swasta Bayu Pertiwi Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKPenelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh belum tersedianya materipembelajaran dengan spesifikasi pembelajaran berbasis metode eksperimen dan kurangnya pembahasan tentang materi gaya pada buku siswa di kelas IV. Beberapa dari buku siswa hanya terfokus pada pengertian gaya dan pengaruh gaya terhadap gerak benda, sedangkan materi tentang macam-macam gaya masih sangat sedikit. Selain itu penugasan eksperimen untuk lebih memahami tentang gaya dalam kehidupan sehari-hari juga masih kurang. Tujuan dari penelitian ini untuk memenuhi tersedianya materi gaya yang berbasis metode eksperimen pada pembelajaran IPA.Jenis penelitian dalam penelitian ini mengunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini hanya sampai pada tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan revisi desain. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi diperoleh persentase sebesar 81,6%, ahli desain sebesar 94%, dan ahli guru mata pelajaran IPA sebesar 82,2%. Secara rata-rata hasil uji validitas ahli memperoleh persentase sebesar 85,93%atau valid. Hal ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan valid dari segi materi, desain dan bahasa sehingga materi pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan pada proses pembelajaran setelah melakukan sedikit revisi kecil.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Materi Gaya, Eksperimen, Pembelajaran IPA1) Mahasiswa2) Pembimbing I3) Pembimbing II |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2316 |