Search for collections on Karya Ilmiah

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Simetri Lipat Melalui Model Direct Instruction Dengan Media Pasiput Di Kelas IV SDN.173684 Lumban Julu

BINTANG JULIWANDA (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Simetri Lipat Melalui Model Direct Instruction Dengan Media Pasiput Di Kelas IV SDN.173684 Lumban Julu. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari.Berbagai usaha dilakukan oleh pendidik agar hasil belajar dapat tercapai secara maksimal. Dengan melaksanakan penelitian pembelajaran guru berusaha agarsiswa memperoleh pengetahuan,sikap dan ketrampilan yang mumpuni sebagai bekal dalam melanjutkan kehidupan yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi simetri lipat melalui model , Direct Instruction Dengan Media Pasiput Di Kelas IV SDN.173684 Lumban Julu Kab.Toba T.P. 2022/2023 Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN.173684 Lumban Julu satu kelas berjumlah 15 orang. Siklus penelitian ini dilakukan dengan tahapan perencanaan, peelaksanaan, observasi dan refleksi. Data berupa tes dan hasil observasi akan dianalin dengan Hasil belajar berupa tes dalam kegiatan pembelajaran serta lembar observasi dikumpulkan menjadi data yang akan dianalisis dengan menggunakan digunakan dalam pengumpulan dan pengolahan data. Nilai- nilai hasil belajar siswa. statistik deskriptif persentase. Dari hasil analis data diperoleh hasil belajat siswa pada proses pembelajaran Matematika materi simetri lipat dari pembelajaran prasiklus nilai rata-rata 60,66 tuntas 7 orang (60%) tidak tuntas 8 orang (53,34% pada siklus I nilai rata-rata 68,66 tunta 9 orang (60%) tidak tuntas 6 orang (40%), pada siklus II nilai rata-rata 76,00 tuntas 45 (93,33%) tidak tuntas 1 orang (6,67%). Darihasil penelitianperbaikan pembelajaran ini dapat disimpulkan melalui model Direct Instruction dengan menggunakan Media Pasiput, pada pembelajaran Matematika materi Simetri lipat diperoleh hasil belajar serta ketuntasan belajar siswa dengan sangat baik. Siswa dapat menetukan jumlah sinerti lipat pada bangun datar dengan menggunakan PASIPUT secara langsung sehingga mencapai hasil belajar secara maksimal

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Direct Instruction, Madia Pasiput, Matematika
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2307

Actions (login required)

View Item
View Item