RISDAYANI SITIO (2023) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 102013 SIALANG BUAHTAHUN PELAJARAN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKPada Mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 102013 Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu masih ditemukan berbagai kendala bagi seorang guru dalam menyampaikan materi pembelajaran IPA dikelas IV.Pada umumnya guru masih dominan menggunakan metode ceramah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA Materi Bagian-bagian Tumbuhan Dan Fungsinya dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif. Dengan menggunakan tes hasil belajar pada dua siklus dan menghitung persentase keberhasilan diperoleh hasil penelitian dari siklus I dapat dilihat nilai rata-rata 67,39 dengan ketuntasan sebesar 48% dan pada siklus II dengan nilai rata-rata siswa 77,83 dengan ketuntasan sebesar 91%. Dapat disimpulkan dalam Penelitian ini terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 43% dengan menggunakan model Pembelajaran Discovery Learning dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Bagian-bagian Tumbuhan dan Fungsinya di kelas IV SD Negeri 102013 Sialang Buah.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Kooperatif, Bagian-bagian tumbuhan |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2306 |