Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA MATERI PERISTIWA PERANG DIPONEGORO DI KELAS IV SDN 132403TANJUNGBALAI T.A 2022/2023

FEBY FADILA (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) PADA MATERI PERISTIWA PERANG DIPONEGORO DI KELAS IV SDN 132403TANJUNGBALAI T.A 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui metode Bermain Peran (Role Playing) siswa kelas IV SD Negeri 132403 Tanjungbalai pada materi Peristiwa Perang Diponegoro. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 132403 berjumlah 24 siswa. Dengan 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melaui tes soal materi peristiwa perang Diponegoro dan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif, kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS melalui metode bermain peran pada materi peristiwa perang Diponegoro. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa dari nilai rata-rata. Pada data awal nilai rata-rata siswa sebesar 66,58 dengan pencapaian KKM 62,5%. Pada akhir siklus I nilai rata-rata sebesar 71,01 dengan pencapaian KKM 72,83%, dan pada akhir siklus II sebesar 86,95 dengan pencapaian KKM 87,5% .

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Role Playing
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2303

Actions (login required)

View Item
View Item