Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARDS TENTANG ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS V DI SD NEGERI 11 WAY KHILAU

SINTA ANDRIANI (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARDS TENTANG ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS V DI SD NEGERI 11 WAY KHILAU. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk memenuhi atau meningkatkan hasil belajar siswa dalam muatan pelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay. Penelitan ini dilakukan di kelas V SD Negeri 11 Way Khilau pada semester Ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar IPA di Kelas V. Hal ini berdasar observasi pra siklus di ketahui nilai ulangan harian pada pelajaran IPA sebelumnya nilai rata-rata kelas untuk IPA masih rendah yaitu kebanyakan dibawah KKM (70). Nilai rata-rata ini masih dibawah kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 70. Maka dari itu perlu untuk ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Negeri 11 Way Khilau, Semester Ganjil tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 25 siswa. Fokus penelitian adalah hasil belajar Muatan Pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang sistem peredaran darah manusia, siswa Kelas V SD Negeri 11 Way Khilau Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Kesimpulan tersebut didukung oleh hasil belajar siswa jika dilihat dari Rerata skor hasil belajar IPA siswa dari prasiklus (sebesar 56,00) ke siklus I (sebesar 57,60), dan Siklus II (sebesar 71,60) dan ketuntasan belajar siswa meningkat berturut-turut dari pra siklus 28%, siklus I 40% dan siklus II 92%. Jika dibandingkan dengan keriteria keberhasilan pada siklus II sudah memenuhi rata-rata kelas melebihi KKM diatas 70 dan kentuntasan belajar juga lebih dari 80. Maka dapat dikatakan penelitian ini telah berhasil.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe course review horay Berbantuan Media Question Cards , dan hasil belajar IPA
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2295

Actions (login required)

View Item
View Item