IMAS MASUNAH (2023) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA KARTU ANGKA DI PAUD LEMAN JAYA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun pada PAUD Leman Jaya dengan media kartu angka. Latar belakang yang mendorong peneliti dalam penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. Anak-anak masih kesulitan dalam pembelajaran berhitung. Rendahnya pembelajaran berhitung anak disebabkan oleh pembelajaran guru yang terkesan tidak ada kemajuan, kurangnya inovasi juga alat permainan yang tidak sesuai dengan tema. Sehingga anak lebih cepat bosan saat pembelajaran berlangsung. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode observasi dengan gabungan dua pendekatan yaitu kuantitatif dan kualitatif, yang dilakukan menggunakan 2 siklus. Upaya ini dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan media kartu angka, dan hasilnya adalah pada siklus I dari 20 anak hanya 3 anak yang sudah bisa berhitung dengan baik dan Berkembang Sangat Baik (BSB), masih banyak anak yang masih Belum Berkembang (BB) dalam kegiatan berhitung. Sehingga peneliti melakukan perbaikan pada siklus II dan hasilnya sangat memenuhi kriteria penilaian yaitu 18 anak sudah Berkembang Sangat Baik (BSB). Hampir seluruh anak sudah bisa berhitung dengan baik walaupun masih ada 2 anak yang belum memenuhi syarat namun penelitian dinyatakan berhasil. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berhitung, media kartu angka, siswa PAUD |
Subjects: | Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2291 |