Search for collections on Karya Ilmiah

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU ANGKA BERGAMBAR DI TK DIRGANTARA

YUNITA AMALIHI WAJI (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU ANGKA BERGAMBAR DI TK DIRGANTARA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan gabungan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilakukan pada bulan April 2022 sampai bulan Mei. Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-Kanak (TK) Dirgantara Desa Pusungi Kecamatan Ampana Tete Kabupaten Tojo Una-Una berjumlah 12 anak, yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2022 sampai bulan 16 Mei 2022. Pengumpulan data dan dokumentasi dilakukan saat observasi kondisi awal dan pelaksanaan penelitian pada proses pembelajaran dan evaluasi hasil penelitian. Dokumentasi pada pelaksanaan penelitian ini bertujuan sebagai alat bantu observasi dapat berupa foto dan pembuatan RPPH. Kemampuan yang ingin diungkap pada penelitian ini yaitu menyebutkan nama angka, menunjukkan symbol angka, dan meniru angkaBerdasarkan hasil penelitian ini yakni untuk mengetahui perbaikan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka melalui media kartu angka. Hasil perbaikan menunjukkan bahwa anak dengan kategori baik mengalami peningkatan pada pra-siklus sebanyak 3 anak dengan presentase sebesar 25%, pada siklus I sebanyak 5 anak dengan presentase sebesar 42% dan pada siklus II sebanyak 11 anak dengan presentase sebesar 92%. Kemampuan mengenal angka melalui media kartu angka dengan kriteria cukup pada pra-siklus sebanyak 4 anak dengan presentase sebesar 33%, pada siklus I menjadi 4 anak dengan presentase sebesar 33% dan pada siklus II menjadi 1 anak dengan presentase sebesar 8%. Kemampuan mengenal angka melalui media kartu angka dengan kriteria kiurang pada pra-siklus sebanyak 5 anak dengan presentase sebesar 42%, pada siklus I menjadi 3 anak dengan presentase sebesar 25% dan pada siklus II tidak ada lagi anak dengan kriteria kurang 0%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan pembahasan pada bab sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa melalui media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Puji syukur ke hadirat Allah swt, yang telah memberikan karunia dan Rahmat-Nya, sehingga skripsi dengan judul: Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Angka Bergambar Di TK Dirgantara Desa Pusungi Kecamatan Ampana Tete Kabupaten Tojo Una-Una Tahun Pelajaran 2022/2023 dapat diselesaikan. Penulis menyadari bahwa skripsi ini dapat diselesaikan, tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Untuk itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada:1. Kepala UPBJJ UT Palu yang telah memberikan kesemapatan penulis untuk menimbah ilmu di Universitas Terbuka2. Ibu Nurlela sebagai Kepala TK Dirgantara Kecamatan Ampana Tete Kabupaten Tojo Una-Una sekaligus sebagai Supervisor II.3. Ibu Dra.E.em Kurniasih,S.pd.,M.pd sebagai Supervisor I pada mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional.Penulis menyadari bahwa laporan ini masih banyak kekurangan dan masih jauh dari sempurna. Kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat diharapkan demi perbaikan laporan ini. Semoga segala bantuan dan amal baik yang telah diberikan akan mendapat imbalan dan balasan dari Allah swt. Semoga penelitian ini dapat bermanfaat sebagaimana mestinya.
Subjects: Program Studi > 120 Pendidikan Guru PAUD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2290

Actions (login required)

View Item
View Item