Search for collections on Karya Ilmiah

MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MATERIJENIS SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SD 001 LUMBISKECAMATAN LUMBIS

FERNI (2023) MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MATERIJENIS SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SD 001 LUMBISKECAMATAN LUMBIS. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKMasalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar IPA materi Jenis Sumber Daya Alam pada siswa kelas IV melalui menggunakan media benda konkret. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA tentang jenis sumber daya alam. Sumber data penelitian ini adalah Siswa Kelas IV SD 001 Lumbis Kecamatan Lumbis dengan jumlah peserta didik sebanyak 15 siswa. Waktu penelitian dilakukan pada semester 2 tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil tes formatif pada setiap siklus. Sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi pada tiap siklus pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada prasiklus hanya 6 siswa (40%) yang mendapat nilai di atas KKM. Pada siklus 1 meningkat menjadi 10 siswa (67%). Pada siklus II meningkat menjadi 15 siswa (100%) dan nilai rata-rata kelas pada siklus II adalah 88,66. Kesimpulan dari penelitian perbaikan pembelajaran menggunaan media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Benda Konkret, Pelajaran IPA
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2289

Actions (login required)

View Item
View Item