Search for collections on Karya Ilmiah

IMPLEMENTASI METODE LITERATURE CIRCLE GAMES UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN PECAHAN BIASA DAN PERKALIAN BILANGAN ASLI DI KELAS V SD NEGERI SANENREJO 05 JEMBER

EKO MARIYADI (2023) IMPLEMENTASI METODE LITERATURE CIRCLE GAMES UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN PECAHAN BIASA DAN PERKALIAN BILANGAN ASLI DI KELAS V SD NEGERI SANENREJO 05 JEMBER. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan materi pecahan menggunakan metode literature circle games dikelas V di SD Negeri Sanenrejo 05. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sanenrejo 05 Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. Jumlah siswa sebanyak 19 siswa, dengan siswa laki-laki berjumlah 11 dan perempuan 8 siswi. Pelaksanaan penelitian pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 pada bulan Mei-Juni 2023. Pada pembelajaran Matematika sebagai pelajaran yang digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Materi yang akan di sampaikan kepada siswa yakni tentang pecahan berupa pecahan sederhana dan perkalian bilangan asli. Dimana peneliti memberikan materi dengan menerapkan metode untuk menigkatkan daya tarik siswa dalam belajar Matematika agar tidak jenuh. Metode yang digunakan yakni literature circles games. Metode ini dibentuk per group dalam pembelajaran terhadap siswa, dimana siswa secara bergantian mengunjungi group lainnya untuk mengerjakan soal dari group tersebut secara berputar sehingga disebut circles games. Hal ini dilihat dari penilaian pada siklus II, sebagian besar peserta didik pada siklus II 86,58 atau sebesar 83,33% peserta didik yang telah mencapai KKM. Sehingga telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu 80%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengguna metode literarture circles games mampu meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Matematika dengan Materi Pecahan Biasa dan perkalian Bilangan asli.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Prestasi Belajar Siswa, Materi Pecahan, Literature Circles Games
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2287

Actions (login required)

View Item
View Item