ARIANI (2023) Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Dengan Menggunakan Strategi STEAM Pada Kelas IV SD 015 Tonyaman Kabupaten Polewali Mandar. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kreativitas siswa kelas IV SD 015 Tonyaman. Metode yang digunakan oleh guru pada kegiatan belajar harian sepertinya belum mampu menumbuhkan kreativitas siswa secara optimal. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kreativitas siswa dengan menggunakan strategi STEAM. Studi dalam laporan ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian merupakan siswa kelas IV SD 015 Tonyaman dengan jumlah siswa sebanyak 15. Analisis data dilakukan dengan menggunakan 5 aspek kreativitas yang masing-masing diberikan skor 1-5. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terjadi peningkatan kreativitas siswa dengan rata-rata skor 4.2 pada siklus 2, dari yang sebelumnya hanya berada pada angka 2,06 pada tahap pra-siklus. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode STEAM dapat meningkatkan kreativitas siswa, khususnya pada konteks penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, STEAM, Berpikir |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2275 |