JUSRIN (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI KOPERASI KELAS IV SDN 20 KULISUSU UTARA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran IPS di kelas SDN 20 Kulisusu Utara perlu mendapatkan penangan yang lebih serius lagi. Hal ini karena kualitas pembelajaran IPS di kelas SDN 20 Kulisusu Utara belum mampu mendorong kualitas pembelajaran matematika kearah yang lebih baik, hal ini dapat dilihat dari rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 20 Kulisusu Utara jika dilihat dari KKM. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN 20 Kulisusu Utara dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada materi pokok Koperasi. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan desain penelitian secara berdaur. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dengan mencari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa pada setiap siklus cenderung mengaklami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 47,8% dan pada siklus II persentase ketuntasan sebesar 73,9%, serta persentase pada siklus III sebesar 86,9%.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Hasil Belajar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2269 |