Search for collections on Karya Ilmiah

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PENERAPAN SIKLUS AIR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENGAMATAN MEDIA DIORAMA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARIMUN

RAYI KANJENGAN (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PENERAPAN SIKLUS AIR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENGAMATAN MEDIA DIORAMA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARIMUN. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilanpenerapan siswa kelas V SD Negeri Karimun dengan menggunakan metode pengamatan berbantuan media Diorama.Pembelajaran mengakibatkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi. Kurangnya lingkungan belajar menyebabkan berbagai kesulitan bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media diorama untuk konten sains, konten siklus air. Pada perbaikan siklus I, data yang telah ada pada mata pelajaran IPA tentang siklus air kelas V SD Negeri Karimun sedikit meningkat dari hasil sebelum perbaikan. Dengan siswa yang mendapatkan nilai 100 = 40% dan siswa yang mendapatkan nilai 40 = 15% karena hasil blum memuaskan dan untuk memperbaiki pembelajaran dilanjutkan dengan menerapkan metode yang bervariasi pada perbaikan siklus II. Pada pelajaran IPA tentang siklus air Kelas V SD Negeri Karimun siswa yang mendapatkan nilai 100 = 45% sedangkaan siswa yang mendapatkan nilai 40 = 0% dan nilai rata-rata sebelum perbaikan 5,5 dari 22 orang siswa dan pada perbaikan siklus I nilai rata-rata 7,8 dan peningkatan pada perbaikan siklus II, nilai rata-rata menjadi 8,6 dari 22 orang siswa.maka tercapailah hasil yang di harapkan dan sangat memuaskan.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Media Diorama; Siklus Air; IPA
Subjects: Program Studi > 110 PGSD - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2267

Actions (login required)

View Item
View Item