RATNA SARI (2023) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BAGI SISWA KELAS III SD NEGERI DAYANGINNA KECAMATAN TAPALANG KABUPATEN MAMUJU. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian: (1) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan model kooperatif tipe Group Investigation (2) Meningkatkan motivasi siswa dengan model kooperatif tipe Group Investigation. Matematika merupakan mata pelajaran yang sulit bagi sebagian siswa, maka sebaiknya guru menggunakan model pembelajaran yang dapat membuat siswa tertarik untuk belajar matematika. Penerapan pembelajaran model kooperatif Group Investigation dapat membuat siswa berkolaborasi dengan teman sebayanya untuk memecahkan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas Dayanginna kelas III dengan dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Peningkatan motivasi belajar siswa ditunjukkan oleh tinggi motivasi 20% dari seluruh siswa pada siklus 1 dan meningkat menjadi 73% di siklus II dari seluruh siswa Dengan menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe Group Investigation diharapkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa dapat meningkat. Manfaat dari penelitian ini adalah pemahaman materi yang lebih dalam dan mampu meningkatan sikap saling membantu dalam kelompok saat memecahkan masalah.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, group investigation, motivasi belajar |
Subjects: | Program Studi > 110 PGSD - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2265 |