NI MADE SULASTINI (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Siswa Kelas VIII C SMPN 2 Kerambitan Tahun Pelajaran 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas 8 C SMPN 2 Kerambitan tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskritif kualitatif. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penltian ini adalah siswa kelas 8 C SMPN 2 Kerambitan yang berjumlah 32 orang.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes tertulis yaitu tes objektif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Leraning (PBL) yaitu : pada Pra Siklus rata-rata hasil belajar siswa adalah 67, 03 dengan ketuntasan belajar 44 %. Pada Siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 72, 66% dengan ketuntasan belajar 72 %. Pada Siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 80 % dengan nilai ketuntasan belajar 94 %. Jadi dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan Sosial (IPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPS |
Subjects: | Program Studi > 76 Pendidikan Ekonomi - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2259 |