MARIO NAMORA (2023) Pengaruh Penerapan Pemangkasan Waktu Penyelesaian Layanan pada SOP Lelang terhadap Kepuasan Stakeholder KPKNL Palopo Tahun 2022. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Lelang merupakan kegiatan penjualan barang atau jasa yang dilakukan secara umum dengan cara melakukan penawaran harga secara tertulis atau lisan yang semakin menurun atau meningkat untuk mencapai kesepakatan, yang didahului dengan adanya pengumuman lelang. Dalam pelaksanaannya KPKNL berwenang untuk menyelenggarakan semua jenis lelang. Oleh karena itu, pelayanan lelang harus memenuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku secara keseluruhan untuk semua instansi vertikal KPKNL di seluruh Indonesia. KPKNL Palopo memiliki lingkup wilayah kerja di Provinsi Sulawesi Selatan khususnya 7 kota dan/atau kabupaten. SOP tersebut perlu dilaksanakan untuk memuaskan stakeholder dan sebagai upaya KPKNL Palopo untuk memuaskan stakeholder telah dibuat suatu inovasi. Guna meningkatkan kepuasan stakeholder diberlakukannya suatu inovasi yaitu pemangkasan waktu penyelesaian layanan yang ditetapkan melalui KEP-19/WKN.15/KNL.04/2022 tentang Penetapan Inovasi Standar Pelayanan di Lingkungan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Palopo pada tanggal 28 Januari 2022. Dalam aturan tersebut diatur SOP terkait lelang yaitu layanan penertiban kutipan risalah lelang dan penerbitan kuitansi pembeli lelang yang telah dipangkas waktu standar pelayanannya. Pada tahun 2021, pelayanan lelang pada tahun tersebut memiliki nilai Indeks Kepuasan Pengguna Layanan (IKPL) sebesar 4,56 dari skala 5 yang telah masuk dalam kriteria sangat puas. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Pemangkasan Waktu Penyelesaian Layanan pada SOP Lelang terhadap Kepuasan Stakeholder KPKNL Palopo Tahun 2022. Metode yang digunakan yaitu dengan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian kuanitatif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi kertas kerja survei kepuasan pengguna layanan yang terdiri dari sampel pengguna layanan lelang sebanyak 18 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Secara keseluruhan para stakeholder dan pemangku kepentingan yang telah menerima layanan pada lelang KPKNL Palopo merasa puas akan adanya pemangkasan waktu penyelesaian layanan tersebut dan sangat terbantu karena prosesnya yang lebih cepat.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Lelang, KPKNL, SOP, Kepuasan Stakeholder, |
Subjects: | Program Studi > 54 Manajemen-S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2248 |