Search for collections on Karya Ilmiah

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Melalui Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Video Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 6 Amlapura Tahun Pelajaran 2022/2023

I WAYAN SUARJANA (2023) Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Melalui Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Video Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 6 Amlapura Tahun Pelajaran 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation yang dikolaborasikan dengan bantuan media video pada pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMPN 6 Amlapura pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini diawali dengan mengidentifikasi masalah melalui observasi pembelajaran prasiklus yaitu rendahnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran IPS Terpadu, terbukti dengan hasil evaluasi belajar yang dicapai yaitu 40% dari 30 orang siswa masih di bawah KKM (>74). Maka dari itu perlu menerapkan model pembelajaran Group Investigation dan media video dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS Terpadu. Penelitian ini mengunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu rencana, tindakan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan lembar observasi. Teknik analisis data secara kuantitatif berdasarkan hasil analisis perhitungan rata-rata skor. Hasil belajar siswa jika dilihat dari rata-rata skor yang mencapai KKM pada siklus I adalah 73% (sebesar 75,57) sedangkan pada siklus II sejumlah 93% (sebesar 80,70). Dengan demikian, penggunaan media video yang digabungkan dengan model pembelajaran Group Investigation pada pembelajaran IPS Terpadu dapat meningkatkan hasil belajar siswa.ABSTRACTThis research is a classroom action research that aims to improve and improve student learning outcomes by applying the Group Investigation learning model in collaboration with the help of video media in Integrated Social Studies lessons in grade VIII SMPN 6 Amlapura in the even semester of the 2022/2023 academic year. This study began by identifying problems through observation of precycle learning, namely the low understanding of students towards Integrated Social Studies learning, as evidenced by the results of the learning evaluation achieved, namely 40% of 30 students were still under KKM (>74). Therefore, it is necessary to apply the Group Investigation learning model and video media in an effort to improve student learning outcomes in Integrated Social Studies lessons. This study uses a classroom action research method consisting of four stages, namely plan, action, observation, reflection. The data collection techniques used are tests, and observation sheets. Quantitative data analysis techniques based on the results of the analysis of the average score calculation. Student learning outcomes when viewed from the average score that reached KKM in cycle I was 73% (amounting to 75.57) while in cycle II it was 93% (amounting to 80.70). Thus, the use of video media combined with the Group Investigation learning model in Integrated Social Studies learning can improve student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Hasil Belajar Ips Terpadu, Group Investigation, Media VideoKeywords: Integrated Social Studies Learning Outcomes,, Group Investigation, Video Media
Subjects: Program Studi > 76 Pendidikan Ekonomi - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:06
Last Modified: 11 Dec 2023 09:06
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2168

Actions (login required)

View Item
View Item