Search for collections on Karya Ilmiah

ANALISIS PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS SUNGAI DURIAN KABUPATEN KUBU RAYA

NABILLA INTAN PUTRI HANANDRA (2022) ANALISIS PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS SUNGAI DURIAN KABUPATEN KUBU RAYA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Sungai Durian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey eksplanatori (explanatory survey). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengetahui dan menguji hubungan antar variabel sesuai dengan hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya.Selain puskesmas menjadi pusat kesehatan bagi masyarakat hal-hal penting yang perlu diperhatikan di dalamnya yaitu mampu menciptakan kepuasan dalam melayani pelanggan di masyarakatnya. Kualitas pelayanan harus sesuai dengan harapan yang diinginkan oleh setiap konsumen. Pada tingkat kesesuaian yang semakin tinggi antara harapan dengan kualitas pelayanan yang diberikan perusahaan, di situlah tercipta nilai kepuasan yang maksimal. Untuk mewujudkanhal tersebut, manajemen dalam hal ini pihak pemasar atau pengelola perlu mengetahui dimensi-dimensi apa saja yang diharapkan oleh setiap konsumen, serta menilai kebijakan pelayanan apa saja yang telah dilaksanakan. Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian, oleh karena itu rumusan masalah penelitian biasanya disusun dalam bentuk pertanyaan. Persepsi pelayanan Puskesmas Sungai Durian menurut masyarakat sangat befariasi yaitu sebagian masyarakat merasa tidak puas dan masih jauh dari pelayanan yang optimal. Namun sebagian masyarakat berpersepsi pelayanan Puskesmas Sungai Durian telah baik dan memuaskan. Dengan indeks kepuasan masyarakat unit pelayanan rata-rata 81,84, dan mutu pelayanan yang baik.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20222
Uncontrolled Keywords: Puskesmas, kualitas pelayanan, penilaian.
Subjects: Program Studi > 54 Manajemen-S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 07 Dec 2023 07:43
Last Modified: 07 Dec 2023 07:43
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item
View Item