FAUZAN ARIF FEBRIANTO (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM APLIKASI SRIKANDI (SISTEM INFORMASI KEARSIPAN DINAMIS TERINTEGRASI) PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA SALATIGA. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAKAplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi atau SRIKANDI merupakan aplikasi yang diluncurkan Pemerintah sebagai aplikasi umum bidang kearsipan yang dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik. Aplikasi tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo). Aplikasi SRIKANDI memiliki beberapa fitur seperti fitur penciptaan arsip yang meliputi pembuatan, penandatangan, pengiriman dan penerimaan naskah dinas secara elektronik antar instansi pemerintah. Selain itu terdapat fitur penggunaan arsip oleh pengguna yang berhak, peminjaman arsip dan fitur penyusutan arsip yang meliputi pemindahan dan pemusnahan arsip. Admin OPD berperan untuk manajemen unit kerja, jabatan, dan informasi pengguna SRIKANDI dalam OPD itu sendiri. Pencatat surat berperan untuk mengelola penomoran surat otomatis, daftar penandatangan, daftar verifikator, dan daftar tujuan, dan lain sebagainya. Penerapan aplikasi SRIKANDI dalam setiap lingkungan Kementerian/Lembaga/Instansi pemerintah diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan akuntabilitas dalam kearsipan serta menjadi memori kolektif bangsa karena pengelolaan informasi berbasis digital dapat terekam dengan baik dan memudahkan koordinasi antar pemerintah. Dalam percepatan SRIKANDI dan arsip dinamis terdapat 4 instrumen yang perlu diperhatikan yaitu jadwal retensi arsip, tata naskah dinas sesuai Peraturan ANRI Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas, klasifikasi arsip, dan klasifikasi keamanan dan akses arsip dinamis. Terakhir, keberhasilan penerapan aplikasi SRIKANDI ini tentu terletak pada peran, kolaborasi, dan komitmen yang kuat dari seluruh stakeholder di lingkungan pemerintah yang berkaitan sehingga tertib arsip, tranformasi digital dalam kearsipan, dan penyelenggaraan SPBE dapat terwujud. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui hal apa saja yang diperlukan untuk mengakses atau menerapkan aplikasi SRIKANDI, hambatan dan solusi yang dihadapi dalam menerapkan aplikasi SRIKANDI di lingkungan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Salatiga. Adapun metode pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penulisan ini adalah melakukan wawancara, studi pustaka, dan penelusuran data online. Dari hasil penulisan ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan Aplikasi SRIKANDI di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Salatiga membutuhkan beberapa dukungan dari Pimpinan / Kepala OPD, yaitu berupa fasilitas kantor seperti perangkat komputer/laptop beserta jaringan internet dan Komitmen yang kuat untuk membina SDM yang ada, agar dalam proses penciptaan sampai dengan pendistribusian naskah dinas dengan menggunakan aplikasi SRIKANDI. 2) hambatan yang dihadapi dalam Penerapan Aplikasi SRIKANDI di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Salatiga adalah tidak semua pegawai yang ada familier / terbiasa menggunakan aplikasi persuratan secara elektronik. 3) solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan yaitu dengan melakukan sosialisasi dan bimbingan internal kepada Pegawai Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Salatiga.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi SRIKANDI (Sistem Infomasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) |
Subjects: | Program Studi > 50 Ilmu Administrasi Negara-S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:06 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:06 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/2156 |