NUR AMALIA AYU LESTARI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS ULASAN TENTANG KUALITAS CERPEN YANG DIBACA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS VIII C MTS SUNAN AMPEL KECAMATAN RINGINREJO KABUPATEN KEDIRI. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Peningkatkan kemampuan menceritakan kembali teks ulasan tentang kualitas cerpen yang dibaca siswa kelas VIII C MTs Ampel dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write merupakan tujuan dari penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat tahap yaitu: 1). perencanaan, 2). tindakan, 3). observasi, 4). refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di Mts Sunan Ampel Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri dengan 2 siklus. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII C MTs Sunan Ampel pada semester genap dengan jumlah siswa 17 orang yang terdiri dari 9 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan tes keterampilan bercerita. Adapun instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian meliputi lembar observasi, tes bercerita, dan lembar penilaian keterampilan bercerita siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pra siklus rata-rata nilai siswa adalah 70,0. Sedangkan pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 71,5 dengan perolehan nilai terendah 65 dan nilai tertinggi 90 sedangkan pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 83,2 dengan perolehan nilai terendah 80 nilai tertinggi 90. Skor rata- rata kelas yang diperoleh dari siklus I dan siklus II adalah pada tahap siklus I mendapat skor rata-rata 71,5%. Meningkat lagi menjadi 83,2% pada siklus II. . Sebesar 11,7% peningkatan skor rata-rata dari siklus I hingga siklus II . Berdasarkan temuan-temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Think Talk write mampu meningkatkan kemampuan menceritakan kembali teks ulasan tentang kualitas cerpen yang dibaca pada siswa kelas VIII C MTs Sunan Ampel Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: menceritakan teks ulasan cerpen, model pembelajaran, Think Talk Write (TTW) |
Subjects: | Program Studi > 57 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:05 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:05 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/1872 |