Search for collections on Karya Ilmiah

Strategi Marketing Mix Terhadap Minat Daftar di SD Negeri 12 Tebat Karai Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu

DONI PRANATA (2023) Strategi Marketing Mix Terhadap Minat Daftar di SD Negeri 12 Tebat Karai Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sepinya minat calon siswa untuk mendaftar di SD Negeri 12 Tebat Karai Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu merupakan indikasi turunnya kinerja organisasi. Salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja organisasi adalah melalui Marketing Mix 4p yang meliputi Produk, Harga, Lokasi, dan Promosi. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi, serta jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan strategi Marketing Mix melibatkan pembentukan Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), analisis kondisi masyarakat dan kondisi internal lembaga serta penentuan strategi pemasaran yang sesuai. Dalam implementasi strategi Marketing Mix di SD Negeri 12 Tebat karai, digunakan strategi Produk yang meliputi Media Belajar yang lengkap seperti Persentase Multimedia, Alat Peraga Sains, video pembelajaran Bahasa Inggris, Matematika, dan Atlas Tematik Provinsi di Indonesia. Strategi penetapan harga meliputi pendaftaran gratis, biaya Pendidikan gratis dan bantuan untuk anak-anak yang kurang mampu. Strategi lokasi dijelaskan sangat strategis dan mudah diakses oleh peserta didik. Sedangkan strategi lokasi digunakan untuk menginformasikan keuntungan produk, biaya dan lokasi melaui brosur, spanduk, sosialisasi kesekolah, jaringan alumni dan media sosial. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil dari strategi Marketing Mix di SD Negeri 12 Tebat karai meliputi Kurangnya sarana dan prasarana olahraga , belum adanya Ekstrakurikuler dan persaingan antar Lembaga yang ketat di kecamatan Tebat Karai.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Minat daftar Siswa, Strategi Marketing, Marketing Mix
Subjects: Program Studi > 54 Manajemen-S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:05
Last Modified: 11 Dec 2023 09:05
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/1849

Actions (login required)

View Item
View Item