Search for collections on Karya Ilmiah

PENGARUH CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) TERHAN PEMBELIAN ULANG (RETENTION) DAN KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DI PT. INOVASI DAYA DIGITAMA PURBALINGGA TAHUN 2023

TITIK SEPTIANA (2023) PENGARUH CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) TERHAN PEMBELIAN ULANG (RETENTION) DAN KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DI PT. INOVASI DAYA DIGITAMA PURBALINGGA TAHUN 2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian dengan judul Pengaruh CRM (Customer Relationship Management) terhadap Keputusan Pembelian Ulang (Retention) dan Kualitas Pelayanan Perusahaan di PT. Inovasi Daya Digitama Purbalingga Tahun 2023 adalah untuk menganalisis pengaruh sistem CRM (Customer Relationship Management) terhadap keputusan pembelian ulang (retention) dan kualitas pelayanan perusahaan digital marketer B2C (business to consumer) PT. Inovasi Daya Digitama yang berada di Purbalingga, Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling dan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Ada 4 variabel yang diuji, yaitu kualitas produk, pelayanan after sales customer service, kemungkinan beli lagi (keputusan pembelian), dan kepercayaan (merekomendasikan). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur dan penyebaran kuesioner. Selanjutnya, teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas dari masing-masing variabel menunjukkan nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel (t hitung > t tabel), sehingga data tersebut dapat dikatakan valid dengan nilai validitas terendah sebesar 3,410 dan tertinggi sebesar 4,765. Sementara itu, uji reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,875, yang lebih besar dari nilai 0,70 dengan jumlah item sebanyak 11. Responden penelitian adalah pelanggan perusahaan yang pernah melakukan pembelian dari tiga brand toko online perusahaan. Dalam penelitian ini diambil sampling sebanyak 171 responden melalui teknik pengambilan sampel accidental sampling sampel dalam penelitian. Analisis dalam penelitian ini menggunakan jalur dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pengaruh sistem CRM (Customer Relationship Management) dengan keputusan pembelian ulang (retention) serta kualitas pelayanan perusahaan sehingga pengaruh ini berdampak positif untuk profit perusahaan serta menjaga kualitas hubungan baik dengan customer untuk jangka panjang. Perusahaan harus meningkatkan keaktifan dalam memberikan informasi kepada pelanggan, baik itu informasi mengenai produk maupun promosi-promosi yang ada agar dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan kemungkinan untuk melakukan pembelian ulang (retention)ABSTRACTThe research titled "The Influence of CRM (Customer Relationship Management) on Repurchase Decisions (Retention) and Service Quality of PT. Inovasi Daya Digitama Purbalingga in 2023" aims to analyze the impact of CRM system on repurchase decisions (retention) and service quality of B2C digital marketer company, PT. Inovasi Daya Digitama, located in Purbalingga, Central Java. This study adopts a quantitative method with purposive sampling technique and questionnaire as the data collection instruments. There are four variables being tested, namely product quality, after-sales customer service, repurchase intention (purchase decision), and trust (recommendation). The research employs quantitative method using data collection techniques through literature study and questionnaire distribution. The data analysis techniques used are validity test and reliability test. The research findings indicate that the validity test for each variable shows that the calculated t-value is greater than the tabulated t-value (t-calculated > t-tabulated), suggesting that the data can be considered valid, with the lowest validity value of 3.410 and the highest value of 4.765. Meanwhile, the reliability test shows a Cronbach's Alpha value of 0.875, which is greater than the threshold of 0.70, with a total of 11 items. The research respondents are company customers who have made purchases from three online store brands of the company. A total of 171 respondents were sampled using the accidental sampling technique. The analysis in this research employs the path analysis using SPSS program. The research findings indicate a significant positive influence between CRM system and repurchase decisions (retention) as well as company service quality, which has a positive impact on the company's profitability and maintaining long-term quality relationships with customers. The company should improve its proactiveness in providing information to customers, including information about products and promotions, in order to enhance customer trust and increase the likelihood of repurchases (retention).

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Customer Relationship Management, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian Ulang, RetentionKeywords: Customer Relationship Management, Service Quality, Repurchase Decisions, Retention
Subjects: Program Studi > 54 Manajemen-S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:04
Last Modified: 11 Dec 2023 09:04
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/1747

Actions (login required)

View Item
View Item