MARSYA TAQI KIREY DEVANA (2023) MEDIA GAMBAR BERANTAI UNTUK KETERAMPILAN MENULIS FABEL SISWA KELAS VII SMP. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMPK YBPK Wonorejo, pada materi menulis fabel dengan menggunakan media gambar berantai. Pasalnya, motivasi belajar siswa sangat rendah disebabkan materi dianggap menjenuhkan, sehingga menurunkan minat belajar siswa. Selain itu, juga dipengaruhi oleh guru yang kurang inovatif dalam menggunakan media gambar dan menjadikan siswa kurang aktif di kelas. Padahal, dengan media gambar diyakini dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun tempat pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SMPK YBPK Wonorejo, dengan subjek penelitian siswa kelas VII yang berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terhimpun melalui penerapan teknik pengumpulan data kemudian diolah sehingga dapat diketahui hasil kesimpulan pada setiap siklus yang diterapkan. Tahapan setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil rekapitulasi pada siklus I terlihat bahwa 8 siswa (62%) berhasil menyelesaikan keterampilan menulis, serta pada siklus II terjadi peningkatan secara signifikan dimana 13 siswa (100%) berhasil menyelesaikan keterampilan menulis fabel. Dapat disimpulkan penggunaan media gambar berantai menumbuhkan motivasi dalam proses pembelajaran sehingga meningkatkan keterampilan siswa dilihat dari hasil belajar pada materi menulis fabel.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Menulis Fabel, Media Gambar, Hasil Belajar |
Subjects: | Program Studi > 57 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:04 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:04 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/1670 |