Search for collections on Karya Ilmiah

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS X SMK PGRI 1 KUDUS TAHUN 2022/2023

DEWI ASTUTI (2023) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS X SMK PGRI 1 KUDUS TAHUN 2022/2023. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

AbstrakDewi, Astuti. 2023. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas X SMK PGRI 1 KUDUS Tahun 2022/2023. Laporan PKP, Universitas Terbuka Malang. Pembimbing: Dr. Yuliani, S.E., M.M.Kata Kunci: Discovery Learning, hasil belajar, mata pelajaran IPS.Ilmu pengetahuan sosial adalah program pendidikan yang mengintegrasikan secara interdisiplin konsep ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Ilmu pengetahuan sosial merupakan suatu penyederhanaan ilmu-ilmu sosial, ideologi negara, dan disiplin ilmu lainya serta masalah-masalah yang terkait yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah psikologis. Pembelajaran IPS bertujuan untuk membentuk warga negara yang berkemampuan sosial dan yakin akan kehidupannya sendiri di tengah-tengah kekuatan fisik dan sosial, yang pada gilirannya akan menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar IPS kelas X SMK PGRI 1 KUDUS. Penelitian ini memiliki beberapa siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap kegiatan yang saling terkait dan berkesinambungan yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning terdapat peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari nilai evaluasi. Rata-rata nilai siswa pada tahap pra tindakan adalah 63,87 prosentase 36% dengan predikat kurang sekali meningkat pada tahap siklus I menjadi 74,44 prosentase 60% dengan predikat cukup, kemudian meningkat lagi pada tahap siklus II menjadi 80,08prosentase 92% dengan predikat sangat baik, sehingga penelitian dapat ini dikatakan berhasil. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas X SMK PGRI 1 KUDUS dapat membuat siswa memperoleh hasil belajar yang baik dari hasil evaluasi yang diberikan kepada siswa saat kegiatan pembelajaran pada setiap siklus yang terus meningkat.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, hasil belajar, mata pelajaran IPS
Subjects: Program Studi > 76 Pendidikan Ekonomi - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:04
Last Modified: 11 Dec 2023 09:04
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/1617

Actions (login required)

View Item
View Item