Search for collections on Karya Ilmiah

Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SD Melalui Penggunaan Media Pembelajaran

DINA DINARTI (2023) Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SD Melalui Penggunaan Media Pembelajaran. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di era teknologi ini, tidak sedikit guru yang masih betah dengan metode pembelajaran konvensional. Metode ceramah yang tidak memperdulikan karakter siswa yang merupakan salah satu unsur keberhasilan suatu proses pembelajaran.Pembelajaran merupakan sebuah proses komunikasi, dan salah satu pendukung berhasilnya dan terciptanya komunikasi yang efektif adalah media pembelajaran. Media pembelajaran akan mampu membantu tersampaikannya materi dengan mudah, meningkatkan minat belajar siswa sehingga pada akhirnya kemampuan siswa akan meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengukur peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa dengan penerapan penggunaan media dalam pembelajaran. Metode yang diterapkan adalah metode penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V disalah satu SD Negeri di kabupaten Cianjur sebanyak 28 orang siswa. Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran telah mampu meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa secara signifikan. Hal ini dapat kita lihat dimana pada nilai rata-rata posttest sebesar 71,964 yang mengalami peningkatan sebesar 42% dari rata-rata pretest sebesar 50,714. Sehingg dapat kita simpulkan bahwa media pembelajarana mampu meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Metode Konvensional, Literasi Numerasi, Media Pembelajaran,
Subjects: Program Studi > 163 Teknologi Pendidikan - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:03
Last Modified: 11 Dec 2023 09:03
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/1486

Actions (login required)

View Item
View Item