M. CHOLID WAHAB (2023) PEMANFAATAN FACEBOOK DI KALANGAN ANGGOTA GRUP KELUH BASAH LELE BERULAH” SEBAGAI SARANA INTERAKSI SOSIAL. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Grup Facebook telah menjadi platform yang populer untuk berkomunikasi secara tertulis, baik dalam konteks yang positif maupun negatif. Beberapa manfaat dari komunikasi tertulis di grup Facebook meliputi kemampuan untuk menghubungi teman dan keluarga dari jarak jauh, memfasilitasi diskusi dan kolaborasi antara anggota grup, serta memberikan dukungan emosional dan sosial. Namun, komunikasi tertulis di grup Facebook juga memiliki potensi untuk menyebabkan konflik dan kesalahpahaman, terutama jika pesan yang ditulis tidak jelas atau jika ada kekurangan dalam pemahaman antara pengirim dan penerima pesan. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis interaksi anggota grup Facebook Keluh Basah Lele Berulah” melalui komunikasi verbal secara tertulis baik yang bersifat positif maupun negatif. Penelitian menggunakan metode Analisi Isi kualitatif dengan pendekatan analisis isi wacana yang disajikan dalam bentuk deskriptif, pada penelitian ini data bersumber dari media sosial Facebook, sedangkan data berupa status, tanggapan, serta komentar di Facebook. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa interaksi di grup Keluh Basah Lele Berulah” memiliki bentuk yang bervariasi, termasuk dukungan emosional, penyelesaian masalah, dan pembangunan sosial. Namun, terdapat juga beberapa interaksi yang bersifat negatif, seperti komentar yang tidak sopan dan perilaku bullying/kekerasan verbal.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: facebook, interaksi sosial, komunikasi verbal |
Subjects: | Program Studi > 72 Ilmu Komunikasi-S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:03 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:03 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/1353 |