Search for collections on Karya Ilmiah

PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KEPUASAN NASABAH

BADI ROSPITA ZAI (2023) PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KEPUASAN NASABAH. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Teknologi informasi telah memberikan dampak besar pada industri perbankan, terutama dalam hal meningkatkan efisiensi operasional dan layanan yang disediakan oleh bank kepada nasabahnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan dan pengaruh variabel Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu Gunung Sitoli. Variabel teknologi informasi dalam hal SMS Banking (X1), ATM (X2) dan Mandiri Online (X3). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode SPSS. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan angket atau Kuesioner. Metode yang digunakan adalah menguji hipotesis dnegan menggunakan korelasi, analisis regresi berganda, dan determinasi (R2). Hasil pengujian pertama dengan metode korelasi menjelaskan dengan melibat tabel model summary terdapat nilai R sebesar 0,682 dan r tabel sebesar 0,1745., maka dapat dikatakan bahwa 0,682 > 0,1745. Maka dapat disimpulkan variabel teknologi informasi berhubungan dengan kepuasan nasabah dengan derajat korelasi kuat. Hasil pengujian hipotesis kedua untuk melihat pengaruh penelitian ini menunjukkan: berdasarkan hasil pada perhitungan regresi linier berganda menggunakan uji F menghasilkan bahwa 0,000 < 0,05 atau 24,96 > 2,15 maka dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hasil pengujian hipotesi yang ketiga unutk melihat pengaruh SMS Banking terhadap kepuasan nasabah dan hasil uji T: 1. SMS Banking menghasilkan -2,513 > 1,668 atau 0,014 < 0,05., artinya SMS Banking berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan arah pengaruh Negatif signifikan. Hasil pengujian dengan metode determinasi menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi sebesar 0,465 artinya bahwa 46,5% kepuasan nasabah dipengaruhi oleh faktor teknologi informasi sedangkan sisanya 53,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Teknologi informasi, Kepuasan Nasabah, Bank Mandiri
Subjects: Program Studi > 54 Manajemen-S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:03
Last Modified: 11 Dec 2023 09:03
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/1227

Actions (login required)

View Item
View Item