MUHAMMAD TRISMAN TAUFIK (2023) Analisis Kualitas Pelayanan Penerbitan E-KTP Melalui Aplikasi LAKSE Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Latar belakang penelitian karya ilmiah ini adalah pelaksanaan penerbitan e-KTP di Kota Batam sudah dinilai baik namun demikian, proses pelayanan publik telah berubah akibat adanya wabah covid-19. Penyesuaian proses yang diikuti oleh pelayanan publik tersebut di atas pasti akan berdampak negatif pada kualitas layanan yang disediakan oleh sektor publik sehingga penting adanya standar layanan yang ditingkatkan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pkualitas pelayanan penerbitan e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam yang berpotensi untuk ditingkatkan guna memberikan standar layanan pelanggan yang lebih tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sebuah kuesioner mail-out digunakan sebagai metode pengumpulan data dalam penelitian ini, dan seratus orang mengisi kuesioner. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa setiap komponen yang dievaluasi berpengaruh terhadap kualitas pelayanan memang memiliki pengaruh tersebut namun demikian, yang paling berdampak pada kualitas layanan adalah pengaruh warga negara, keadilan, dan perawatan yang disesuaikan. Sedangkan Disdukcapil Kuningan akan lebih berhasil jika mampu menyikapi masyarakat setempat dengan baik dengan mempertimbangkan aspek-aspek yang telah dibahas sebelumnya.The background of this scientific research is that the implementation of e-KTP issuance in Batam City has been evaluated positively. However, the public service process has changed due to the COVID-19 pandemic. The adjustments made by the public services will definitely have a negative impact on the quality of services provided by the public sector, hence the importance of enhancing service standards.The objective of this research is to analyze the quality of e-KTP issuance services at the Population and Civil Registration Office in Batam City, which have the potential to be improved in order to provide higher customer service standards. The research method used is quantitative research. A mail-out questionnaire was used as the data collection method in this study, and a hundred people filled out the questionnaire. The results of this research reveal that each evaluated component does indeed have an influence on service quality. However, the factors that have the most impact on service quality are citizenship influence, fairness, and personalized care. On the other hand, the Kuningan Population and Civil Registration Office will be more successful if it can effectively respond to the local community by considering the aspects discussed earlier.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, e-KTP, Standar Pelayanan, dan Aplikasi LAKSE Service Quality, e-KTP, Service Standards, and LAKSE Application |
Subjects: | Program Studi > 50 Ilmu Administrasi Negara-S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:03 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:03 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/1194 |