MUHAMMAD JOVAN ARISYANDI (2023) PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR-UNSUR BUKU FIKSI DAN NON FIKSI DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NU DARUL MAGHFUR SRONO. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami unsur-unsur buku fiksi dan non fiksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman dan hasil belajar peserta didik dengan metode discovery learning. Metode discovery learning adalah sebuah metode pembelajaran yang berpusat pada sebuah penemuan. Peserta didik memahami unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi dengan cara menemukan sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode discovery learning dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik. Pada kegiatan prasiklus (sebelum menggunakan metode discovery learning) prosentase ketuntasan belajar adalah 35 %. Kemudian setelah menggunakan metode discovery learning pada kegiatan pembelajaran siklus I prosentase ketuntasan belajar mengalami kenaikan yaitu menjadi 80%. Pada kegiatan pembelajaran siklus II ketuntasan belajar peserta didik mengalami kenaikan 10% dari 80% menjadi 90%. Melihat dari data tersebut menandakan bahwa pemahaman dan hasil belajar pelajaran bahasa Indonesia materi unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi peserta didik mengalami peningkatan setelah menggunakan metode discovery learning.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | discovery learning, pemahaman, unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi |
Subjects: | Program Studi > 57 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:02 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:02 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/1110 |