Search for collections on Karya Ilmiah

DESAIN PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI SMP FILADELFIA PEMANGKAT

DEDY SUPARDI (2023) DESAIN PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI SMP FILADELFIA PEMANGKAT. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKPandemi Covid-19 berdampak pada bidang pendidikan. Proses belajar mengajar tatap muka sempat tertunda akibat efek pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Semua institusi akademik harus menerapkan pembelajaran daring. Di sisi lain, percepatan kemajuan teknologi telah memberikan pengaruh yang sangat besar bagi dunia dan segala aspek kehidupan manusia, termasuk pendidikan. Kemajuan teknologi yang pesat ini memudahkan siswa untuk belajar secara mandiri dengan bantuan bahan ajar tertulis, komputer, smartphone, dan internet. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan desain pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Google Classroom sebagai alternatif media pembelajaran jarak jauh/daring bagi siswa khususnya mata pelajaran Informatika di SMP Filadelfia Pemangkat, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat dan mendorong terjadinya penggunaan Google Classroom dalam meningkatkan kemampuan kognitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan dan menganalisis respon siswa terhadap penggunaan Google Classroom sebagai media pembelajaran online di masa wabah Covid 19. Google Classroom dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pendidikan online. Karena Google Classroom berbasis web, jadi dapat membuat dunia maya atau kelas online, artinya siswa tidak perlu ke sekolah. Selain itu, Google Classroom dapat menghemat uang dan waktu, serta lebih mudah beradaptasi.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Aplikasi Google Classroom, Desain Pembelajaran Interaktif, Pembelajaran Daring, Kemampuan kognitif.
Subjects: Program Studi > 163 Teknologi Pendidikan - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:02
Last Modified: 11 Dec 2023 09:02
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/1083

Actions (login required)

View Item
View Item