IWAN CANDRA DINATA (2023) Pemanfaatan Blended Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi. Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemanfaatan model pembelajaran blended learning dalan meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran biologi, serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemanfaatan blended learning terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Cijaku Kabupaten Lebak tahun pelajaran 2022/2023. Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan metode kualtatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian yang dilakukan bahwa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Cijaku Kabupaten Lebak telah diterapkan pembelajaran model blended learning sejak beberapa tahun terakhir. Pemanfaatan blended learning yang dilakukan di SMA Negeri 1 Cijaku Kabupaten Lebak yakni dengan mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online. Pada saat pembelejaran tatap muka, guru membahas materi yang telah dilampirkan dalam google classroom dan membuka sesi diskusi, serta menampilkan video pembelajaran biologi di kelas melaluai LCD proyektor. Pada saat pembelajaran online, guru memanfaatkan google classroom sebagai wadah untuk berinteraksi dengan siswa. Absensi, tugas, link video pembelajaran biologi dan semua materi dilampirkan dalam google classroom. Pengkombinasian antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online ternyata cukup menarik minat siswa untuk belajar. Selain itu keaktifan siswa dan antusias siswa dalam belajar menjadi meningkat dengan adanya sesi diskusi dan penampilan video pembelajaran biologi di kelas.
Item Type: | Thesis (Karya Ilmiah) |
---|---|
Additional Information: | 20231 |
Uncontrolled Keywords: | blended learning, minat belajar siswa, pelajaran biologi |
Subjects: | Program Studi > 163 Teknologi Pendidikan - S1 |
Divisions: | Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) |
Depositing User: | Karil Repository |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 09:02 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 09:02 |
URI: | http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/1059 |