Search for collections on Karya Ilmiah

IDENTIFIKASI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN IPS(Di SMP Bhakti Angkasa 1)

WANTY (2023) IDENTIFIKASI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN IPS(Di SMP Bhakti Angkasa 1). Karya Ilmiah thesis, Universitas Terbuka.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKBanyak variabel yang mempengaruhi kemajuan dan kualitas pendidikan. Salah satu yang turut menentukan kualitas pendidikan yakni proses pembelajaran. Pembelajaran yang berlangsung sesuai hakikat pembelajaran memberikan kontribusi berhasil atau tidak tujuan pembelajaran. Berawal dari apa yang terjadi di ruang-ruang kelas, dapat dipetakan hal-hal apa saja yang dihadapi dalam proses membelajarkan anak bangsa. Dua mata pelajaran dalam proses pembelajarannya memiliki kekhasan yakni pembelajaran IPA dan IPS. Penelitian ini akan mengidentifikasi permasalahan dalam pembelajaran IPS yang dalam prosesnya harus mengutamakan keterpaduan ilmu-ilmu sosial.Identifikasi problematika pembelajaran IPS ini akan dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan Observasi. Wawancara dilakukan kepada guru IPS di Daerah Lampung tepatnya di SMP BHAKTI ANGKASA 1. Observasi dilakukan untuk mengumpulkan realita pembelajaran IPS. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Hubberman.Hasil penelitian menunjukkan problematika pembelajaran IPS yakni: belum tersedianya laboratorium IPS. Laboratorium IPS ini mendukung pelaksanaan proses pembelajaran IPS. Sarana dan prasarana belum tersedia dengan baik. Selain itu, jadwal pelajaran IPS diletakkan pada akhir pelajaran. Motivasi belajar IPS peserta didik yang rendah karena menganggap pelajaran IPS tidak penting menyebabkan peserta didik tidak serius dalam mengikuti pelajaran. Problematika pembelajaran IPS juga berasal dari buku teks yang belum menampakkan keterpaduan yang menjadi karakteristik materi IPS. Selain itu, guru IPS perlu untuk meningkatkan keterampilan membelajarkan IPS dan memperbarui pengetahuan IPS, karena masih ditemukan konsep yang tidak tepat ketika membelajarkan peserta didik di kelas.

Item Type: Thesis (Karya Ilmiah)
Additional Information: 20231
Uncontrolled Keywords: Identifikasi problematika pembelajaran IPS
Subjects: Program Studi > 76 Pendidikan Ekonomi - S1
Divisions: Fakultas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Depositing User: Karil Repository
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:02
Last Modified: 11 Dec 2023 09:02
URI: http://student-repository.ut.ac.id/id/eprint/1006

Actions (login required)

View Item
View Item